Saturday, May 21, 2011

anti globalisasi




Anti globalisasi adalah suatu istilah yang umum digunakan untuk memaparkan sikap politis orang-orang dan kelompok yang menentang perjanjian dagang global dan lembaga-lembaga yang mengatur perdagangan antar negara seperti Organisasi Perdagangan Dunia.

“Antiglobalisasi” dianggap oleh sebagian orang sebagai gerakan sosial, sementara yang lainnya menganggapnya sebagai istilah umum yang mencakup sejumlah gerakan sosial yang berbeda-beda. Apapun juga maksudnya, para peserta dipersatukan dalam perlawanan terhadap ekonomi dan sistem perdagangan global saat ini, yang menurut mereka mengikis lingkungan hidup, hak-hak buruh, kedaulatan nasional, dunia ketiga, dan banyak lagi penyebab-penyebab lainnya.

Namun, orang-orang yang dicap “antiglobalisasi” sering menolak istilah itu, dan mereka lebih suka menyebut diri mereka sebagai Gerakan Keadilan Global, Gerakan dari Semua Gerakan atau sejumlah istilah lainnya. (admin,globalisasi, 13 nov 2008).

Pada akhir tahun 1990-an, gerakan untuk menggugat globalisasi makin menguat. Globalisasi yang bertujuan untuk percepatan pembangunan ekonomi dan penghapusan kemelaratan, ternyata tidak dapat terwujud.

Fakta menunjukkan bahwa ketimpangan antara negara kaya dan miskin justru semakin melebar. jurang pemisah antarkeduanya tak terbendung. dan tujuan awal dari globalisasi yaitu menghilangkan batas batas duniapun tampak semakin semu. karena pada kenyataannya,justru batas batas dunia yang lain terbentuk. dunia kemelaratan,dan dunia kekayaan.


hal yang sama juga dapat terlihat di bumi pertiwi kita. saat orang orang dapat merasakan nyamannya duduk di tempat terhormat,dan di saat yang bersamaan, masyarakat satu demi satu jatuh sakit akibat tak dapat makan.
dan janji janji yang terlontar Pemerintahpun bagai menguap dimakan waktu. Globalisasi nyatanya telah membuat masyarakat menderita.
orang orang tergusur atas nama pembangunan. orang orang kelaparan atas nama memajukan sarana prasarana

jadi,sebagai generasi muda,apa yang selanjutnya akan kita lakukan agar batas batas dunia ini benar benar hilang. dan sekaligus tidak mengorbankan siapapun?
think it,before everything gonna be destroyed by the time.

No comments:

Post a Comment