Saturday, May 21, 2011

globalisasi dan kemiskinan

Bagi negara-negara Dunia Ketiga, globalisasi tiada lain adalah imperialisme baru yang menjadi mesin raksasa produsen kemiskinan yang kejam dan tak kenal ampun. Jerry Mander, Debi Barker, dan David Korten tanpa ragu menegaskan,”Kebijakan globalisasi ekonomi, sebagaimana dijalankan oleh Bank Dunia, IMF, dan WTO, sesungguhnya jauh lebih banyak menciptakan kemiskinan ketimbang memberikan jalan keluar.” (The International Forum on Globalization, 2004:8).

Kemiskinan dan globalisasi memang sudah lama menjadi bahan perdebatan, bukan hanya di kalangan ekonom-ekonom dalam negeri, tapi juga dunia. Perdebatannya pun tak pernah jauh-jauh dari bagaimana dampak globalisasi terhadap kemiskinan; menekan kemiskinan atau justru memperbesar kemiskinan.

Sejak proses globalisasi mulai berlangsung, kondisi kehidupan di hampir semua negara terkesan meningkat, apalagi jika diukur dengan indikator-indikator lebih luas. Namun, seringkali pula peningkatan itu hanya ada dalam hitung-hitungan di atas kertas. Negara-negara maju dan kuat memang bisa meraih keuntungan, tapi tidak negara-negara berkembang dan miskin seperti Indonesia. Bukannya kondisi perekonomiannya membaik,namun justru semakin terjerumus dalam jurang kemiskinan.
Ekpansi di bidang perdagangan dan investasi luar negeri, pembangunan negara mengakibatkan kesenjangan yang makin lebar.Sedangkan, di negara industri pengangguran terus meningkat sejak tahun 1930an, dan ketidakseimbangan pendapatan tidak tercatat selama akhir abad ini.
Dalam laporan disebutkan  dampak kurang baik globalisasi terhadap kemiskinan  ada tiga penyebab : kebijakan makro ekonomi nasional yang lemah, perdagangan yang tidak menguntungkan bagi negara miskin, kebijakan yang masih bias terhadap negara miskin.

Dalam proses globalisasi, seharusnya uang mengalir dari negara kaya ke negara miskin. Tapi, dalam beberapa tahun terakhir, yang terjadi justru sebaliknya. Sementara negara-negara kaya memiliki kemampuan untuk menahan risiko fluktuasi kurs dan suku bunga, negara-negara berkembang dan miskin menanggung beban fluktuasi tadi.
 

No comments:

Post a Comment